Faronics Anti Executable – FAE

Masih ingat dengan DeepFreeze? Yah…itu dia, salah satu software yang digunakan untuk mengamankan Internet Café atau warung internet. Berbeda dengan kakaknya (DeepFreeze), Anti Exe ini difungsikan untuk memblok semua program executable (exe). Dengan Anti Exe para pelanggan warnet tidak bisa menambahkan atau meng-install program, karena sudah di blok oleh Anti Exe.

Mengingat (terkadang) pelanggan warnet yang iseng menambah-nambah (baca install) aplikasi kedalam komputer klien, baik itu dengan maksud usil atau sekedar coba-coba aplikasi maka dirasa perlu untuk menanamkan Anti Exe pada PC klien. Setelah tahu cara kerja dan manfaat software ini, kita akan mencoba menggunakannya.

DOWNLOAD ANTI EXE

Setelah Anti Exe di install, yang perlu dicermati adalah cara mengakses aplikasi tersebut. Sedikit berbeda dengan DeepFreeze yang menggunakan kombinasi tombol CTRL + ALT + Shift + F6, aplikasi Anti Exe menggunakan tombol CTRL + ALT + Shift B + F10. Jika Anda menekan tombol tersebut (CTRL + ALT + Shift B + F10) maka akan muncul gambar dibawah ini:

Ketikkan password sesuai dengan password pada saat instalasi, namun ada juga sejumlah versi yang langsung tekan “OK” tanpa mengisi passwordnya.

Pada menu utama terlihat pilihan enable dan disable, artinya kita bisa memilih program Anti-Executable ini berjalan atau tidak di komputer kita , jika kita tidak ingin menjalankan aplikasi ini tinggal pilih disable.

Pada tab whitelist, kita dapat memilih aplikasi atau file .exe apa saja yang diijinkan untuk dijalankan. Pertama sekali kita diminta untuk membangun whitelist , komputer akan menscan semua file exe di komputer lalu menyimpannya. Adapun langkah membuat wihitelist yaitu: pilih new > scan ( tunggu beberapa saat, komputer menscan semua file exe di komputer ).  Setelah selesai lalu save.

Selanjutnya isikan whitelist dengan file yang baru kita simpan tadi, lalu apply. Tab sebelahnya adalah blacklist, daftar program yang tidak mau kita kasih ijin untuk dijalankan. Tab selanjutnya adalah users, menu untuk mengganti password administrator. Tab terakhir adalah setup, menu opsi untuk mengganti pesan blok program, lambang blok program , mengatur icon akan tampil atau tidak dan lain-lain.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: