Memblokir User di Situs Jejaring Sosial Facebook

Sesuai dengan permintaan dari sahabat tercinta, tapi sebenernya tidak di minta juga sie untuk menuliskanya di blog pribadi tapi panggilan jiwa saya sendiri secara sadar, bertanggung jawab, setia kepada janji blogger Indonesia. Huaaaaa lebay banget pembukaanya, langsung lanjut saja ke pokok bahasan deh… he.he.

Media jejaring sosial seperti facebook mempunyai banyak manfaat untuk media silaturahmi dan berbagi informasi serta relasi. Namun layaknya di dunia nyata tindakan tindakan yang tidak diinginkan bisa terjadi bahkan karena bersifat virtual dan masal hal ini memungkinkan “orang asing” bisa dengan mudah mengakses data diri pengguna.

Ada begitu banyak tujuan “berteman” di situs jejaring sosial seperti facebook. Ada yang bertujuan mencari relasi, mencari teman yang hilang, mencari teman baru, mepromosikan diri atau sesuatu (kalangan calon pejabat sering menggunakanya), mencari tempat berbagi, mengiklan, menyepamm bahkan yang negatifnya menjadi tempat mencari “mangsa” untuk tindak tindak kejahatan, seperti tindakan pencurian kartu kredit dengan menebar form phising sampai tindak kejahatan penculikan.

Tips amannya yaitu dengan cara membuat privacy yang restrict hanya untuk teman teman saja (only friends), tidak menerima permintaan pertemanan “user asing” dari teman nya teman yang tidak di kenal dengan tanpa memperkenalkan diri, memastikan tidak mengklik link link form isian yang dapat mencuri identitas seperti password dan lainya,  cara lainya yaitu memblokir user tertentu.

Berikut adalah satu cara untuk memblokir pengguna yang di curigai atau mungkin tidak dapat SIM-P “Surat Ijin Melihat Profil” :

1. Sudah login ke akun facebook, buka profile di bagian pojok kanan atas dan pilih Privacy Settings. Seperti nampak pada gambar 1 :

2. Selanjutnya akan muncul daftar seting Privacy, pilih menu Block List seperti nampak pada gambar ke-2 :

3.  Langkah selanjutnya yaitu Memasukkan nama atau nickname atau email, sebaiknya email karena nickname bisa saja berubah pas pemblokiran berlangsung. Dengan pemblokiran nama otomatis  dapat memblokir satu ID walau berganti ganti nama. Lalu klik tombol block hingga muncul pop up yang berisi daftar nama dengan nickname yang di masukkan lalu pilih dan klik block. Berikut gambar dari langkah ke-3 dan 4.

4. Pada akhir halaman akan muncul daftar nama atau ID yang sudah terblokir seperti pada gambar dibawah, sewaktu waktu bisa kita cabut dari daftar dengan mengklik menu remove maka ID yang diblokir bisa “dibebaskan” lagi.

Demikian langkah langkah memblokir ID facebook supaya akun tersebut tidak dapat berkomunikasi dengan si pemblokir baik mengirim pesan, melihat profil dan lain sebagainya. Semoga bermanfaat posting saya ini terutama buat yang seseorang temen saya yang memompa motivasi saya untuk menuliskan tips ini. Makasih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: