Panduan Install Ms. Office

Pada umumnya ketika seseorang membeli satu unit komputer, komputer tersebut sudah siap untuk digunakan (ready to use). Tetapi terkadang ada juga komputer dan atau laptop yang dibeli belum bisa dioperasikan, karena perangkat lunak yang dibutuhkan oleh komputer belum di install.

Itu artinya Anda harus membeli dan meng-install software-software yang Anda perlukan. Pertama kali yang harus Anda install adalah perangkat lunak sistem operasi, baru setelah itu program aplikasi lain yang di install (tentunya sesuai butuhkan Anda). Untuk sistem operasi Linux,biasaya aplikasi yang umum digunakan (seperti perangkat lunak pengolah kata) sudah ikut ter-install pada saat instalasi sistem operasi. Sedangkan sistem operasi Windows tidak demikian, perangkat lunak pengolah kata (Microsoft Office) pada sistem operasi Windows tidak termasuk paket yang di install bersamaan dengan instalasi sistem operasi. Melalui “surat cinta ini” Anda akan dipandu langkah-langkah meng-install perangkat lunak pengolah kata dalam sistem operasi Widows; dalam hal ini adalah Microsoft Office 2003 (Ms. Word, Ms. Excel, Ms. PowerPoint dan lain-lain). Berikut langkah-langkah tersebut:

1. Buka drive dan folder tempat Anda menyimpan software Microsoft Office 2003

2. Setelah Anda berada dalam folder Microsoft Office 2003, cari dan doubleclick (klik dua kali) file Setup seperti tampak pada bambar ini:


3. Kemudian Anda akan diminta untuk memasukkan Product Key; yaitu kombinasi 25 digit angka yang Anda dapatkan waktu membeli software ini. Meskipun sama-sama Microsoft Office 2003, tetapi tiap CD Microsoft Office 2003 mempunyai Product Key berbeda-beda. Masukkan Product Key Anda lalu klik Next.

4. Kali ini Anda diminta memasukkan nama Anda (user name), inisial Anda dan organisasi (Organization), selanjutnya klik Next.

5. Langkah berikutnya adalah Anda harus membaca lisensi dan aturan yang dibuat oleh Microsoft selaku perusahaan yang membuat perangkat lunak Microsoft Office 2003. Untuk melanjutkan instalasi Anda harus memberi tanda centang pada tulisan “I accept the terms in the License agreement” dan klik tombol Next.

6. Gambar berikut merupakan gambar tahapan paling penting dari instalasi perangkat lunak ini, Anda harus memilih salah satu jenis instalasi Microsoft Office 2003. Sebagaimana yang Anda lihat pada gambar dibawah ini, terdapat 4 (empat) jenis instalasi: Typical Install, Complete Install, Minimal Install dan Custom Install. Yang membedakan dari ke-4 jenis instalasi tersebut adalah banyaknya aplikasi office yang akan diinstall, fitur dan komponen-komponen lainnya.

  • Typical Install adalah jenis instalasi yang disarankan oleh Microsoft karena jenis instalasi ini berisi aplikasi dan komponen office standar yang sering digunakan. Jika Anda kurang mengerti komponen dan fitur Microsoft Office 2003, memilh Typical Install adalah pilihan yang bijak.
  • Complete Install berarti Anda menyertakan semua komponen, fitur dan tool Microsoft Office 2003 dalam instalasi. Dengan kata lain, semua yang terdapat dalam CD Microsoft Office 2003 akan dimasukkan kedalam komputer Anda.
  • Minimal Install merupakan pilihan bagi komputer dengan kapasitas ruang penyimpanan yang terbatas. Baik, jika Anda memutuskan untuk memilih Typical Install atau Complete Install atau Minimal Install silakan Anda klik Next dan akan muncul daftar aplikasi yang akan Anda install, perhatikan gambar dibawah ini!

Klik tombol Install untuk melanjutkan instalasil dan tunggu beberapa saat sampai proses instalasi selesai. Jika Anda sudah melihat gambar dibawah ini berarti istalasi telah selesai. Dan Anda tinggal klik tombol Finish.

  • Sedangkan Custom Install mempunyai langkah instalasi yang agak berbeda dengan ke-3 jenis instalasi diatas. Custom Install disiapkan bagi Anda yang menghendaki pilihan yang lebih fleksibel, dengan memilih Custom Install Anda akan lebih leluasa memilih sendiri aplikasi dan komponen yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika ke-3 jenis instalasi sebelumnya Anda tinggal klik tombol Install setelah klik Next, maka pada jenis Custom Install ini Anda akan diberi kesempatan untuk memilih komponen yang Anda inginkan, perhatikan gambar berikut!

Centang check box disebelah tulisan “Choose advanced customization of applications” lalu klik Next. Akan muncul gambar dibawah ini:

Gambar diatas merupakan daftar aplikasi dan komponen, Anda dapat memilih untuk disertakan dalam instalasi atau menghapusnya. Untuk menentukan apakah aplikasi atau komponen tertentu ikut di install atau tidak, Anda tinggal klik tanda anak panah disamping nama aplikasi atau komponen. Ketika Anda meng-klik salah satu aplikasi atau komponen akan muncul pilihan dibawah ini:


Pilihan paling bawah (Not Availabel) berarti Anda tidak menyertakan aplikasi atau komponen dalam instalasi, sedangkan ketiga pilihan lainnya menyertakan.

Selesai memilih aplikasi dan komponen yang akan di install, klik Next untuk melanjutkan instalasi; kemudian Anda akan melihat komponen dan aplikasi yang telah Anda pilih sebagaimana yang tampak pada contoh dibawah ini:

Jika sudah yakin dengan aplikasi dan komponen yang telah dipilih, klik Install dan tunggu proses dibawah ini!

Gambar diatas merupakan gambar proses memasukkan file kedalam komputer, proses ini akan membutuhkan beberapa menit. Tunggu sampai muncul gambar berikut kemudian klik tombol Finish! Install Microsoft Office 2003 sukses…

 

sumber: http://itusudah.com

3 Tanggapan to “Panduan Install Ms. Office”

  1. Web designer Says:

    Salam kenal ^^
    Mas mau tanya, Kok saya dengar-dengar MS Office 2010 gak terlalu beda sama versi 2007 ya?Apa itu benar. Terimakasih infonya ^^

    webdesignasyik
    Mustika Mentari

    • aldyreyhan Says:

      @Web designer
      Microsoft Office 2010 di claim lebih cepat start-upnya dibandingkan 2007. Selain lebih cepat Office 2010 terbagi menjadi aplikasi 64 bit (x64) dan 32 bit (x86).so untuk lebih detailnya silahkan anda buka link berikut:
      Perbedaan Microsoft Office 2007 dan 2010

  2. aldyreyhan Says:

    https://aldyreyhan.wordpress.com/2010/12/03/perbedaan-microsoft-office-2007-dan-2010/


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: