Setting Keyboard Arab

Ada salah seorang sahabat itusudah.com yang menanyakan: “Bisa tidak komputer kita (dengan sistem operasi Windows XP) digunakan untuk mengetik tulisan arab?” jawabannya adalah bisa. Pertanyaan berikutnya adalah bagaimana caranya? Apakah membutuhkan peralatan lagi? Apakah juga memerlukan settingan atau konfigurasi khusus? Dan corat-coret tulisan berikut akan mencoba menjawab semua pertanyaan tersebut.

Untuk menjadikan komputer kita bisa mengetikkan tulisan arab, kita tidak harus menyediakan atau menambah peralatan tambahan. Peralatan tambahan yang dibutuhkan cuma papan ketik/keyboard versi arab. Keyboard arab inipun tidak wajib hukumnya, sebab keyboard yang sering kita gunakan sudah dapat difungsikan sebagai “pengganti” keyboard arab untuk menulis tulisan arab. Hanya saja kita harus terbiasa dan kalau perlu hafal posisi huruf-huruf arabnya, misalnya huruf “H” sebagai ganti huruf alif; huruf “G” untuk menulis huruf  lam dan seterusnya.

Sekarang kita akan mencoba “menyulap” keyboard yang sering kita gunakan agar dapat memunculkan beragam tulisan arab. Yang diperlukan adalah sedikit pengaturan pada saat, yaitu pada tahap setting bahasa. Lalu bagaimana yang sudah terlanjur. Apakah perlu di instal ulang? Kabar baiknya dalah tidak, kita dapat melakukan setting dan pengaturan ulang setelah sistem operasi Windows XP telah ter-install. Mari kita simak langkah-langkahnya dibawah ini:

Tahap Satu

Siapkan CD master Windows XP

CD Windwos XP diperlukan karena file yang dibutuhkan saat pengaturan dan penambahan bahasa maupun Keyboard arab diambil (baca di copy) dari CD ini. Oleh karena itu langkah pertama adalah masukkan CD Windows XP terlebih dahulu.

Tahap Dua

Buka Control Panel; bila lupa-lupa ingat Anda dapat membacanya disini.

Gambar area Control Panel

Tahap Tiga

Bila sudah berada diarea Control Panel klik icon Date, Time, Language, and Regional Option seperti tampak pada gambar area Control Panel diatas. Akan muncul gambar dibawah ini:

Gambar Pick a task

Dari gambar diatas klik icon Regional and Lanuages Option; akan muncul jendela pengaturan yang terdiri atas 3 tab (Regional Options, Languages dan Advanced); klik tab yang tengah yaitu tab Languages kemudian beri tanda contreng (check list) pada tulisan Install files for complex script and right-to-left languages (including Thai) dan pada tulisan Install files for East Asian languages; kedua cek list tersebut digunakan untuk menambah jenis bahasa dan model input dalam papan ketik.

Gambar langkah membuka pengaturan Languages

Tahap Empat

Klik Applay; akan terlihat proses dibawah ini:

Gambar proses pengkopian data

Tunggu beberapa saat sampai proses copying selesai. Kemudian klik tombol Details…

Tahap Lima

Setelah tombol Detail… di klik akan muncul jendela pengaturan (meng-install atau menambah dan menghabus jenis papan ketik) keyboard seperti pada gambar berikut:

Gambar setting input keyboard

Klik tombol Add… untuk menambah jenis input keyboard (termasuk keyboard arab yang akan kita tambahkan); akan muncul tampilan gambar seperti ini:

Klik English (United States) untuk mengetahui jenis input bahasa pada keyboard yang lain. Karena kita berencana menambahkan Arabic Keyboard maka cari input language yang Arabic (Saudi Arabia) lalu klik OK. Dan perhatikan perubahan pada gambar berikut:

Klik OK dan klik OK lagi.

Untuk melihat hasilnya perhatikan Language Bar pada komputer; apakah sudah ada bahasa Arabic (Saudi Arabia) atau belum, jika sudah berarti pengaturan SUKSES.

Gambar language bar

 

2 Tanggapan to “Setting Keyboard Arab”

  1. Nediar Says:

    Udah dipraktekin duluan, salam knal aza

  2. abah Says:

    info yang lain kami tunggu,…..
    makasih….


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: