Spesifikasi Merakit Komputer

Saat ini komputer sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari aktivitas kerja manusia. Hampir disetiap sudut kantor terdapat komputer untuk menunjang pekerjaan mereka; menulis surat, membuat proposal penawaran dan ada juga yang dimanfaatkan sebagai media hiburan seperti mendengarkan musik dan nonton film serta main game. Makanya tidak heran jika tren pengguna komputer dari tahun ketahun kian meningkat, pengguna rumahan maupun diperkantoran. Mungkin Anda pernah mendengar kawan atau mungkin tetangga Anda yang berencana membeli satu unit komputer, apa yang biasanya mereka tanyakan tentang komputer (selain harga) sebelum membeli? Yaps… benar sekali, yang ditanyakan adalah “komputernya Pentium berapa”? Pertanyaan ini sebenarnya kurang mewakili kualitas komputer secara keseluruhan yang akan dibeli, sebab Pentium IV misalnya hanyalah satu dari sekian banyak komponen yang ada dalam komputer, yaitu prosesor. Padahal didalam komputer masih banyak lagi komponen-komponen yang tidak kalah pentingnya dengan prosesor (Pentium IV); ada memory, Hard Disk, mainboard dan lain-lain. Oleh sebab itu satu unit komputer dengan prosesor yang sama (misalnya sama-sama Pentium IV) harganya sangat mungkin berbeda; karena kualitas dari komponen lain (selain prosesor) juga tidak sama.

Dalam tulisan ini Anda akan diperkanalkan “jeroan” komputer atau sering disebut spesifikasi komputer yaitu daftar komponen atau perangkat yang terpasang dalam sebuah komputer. Pentingnya belajar mengenali isi komputer adalah supaya ketika Anda membeli komputer Anda tidak akan tergiur begitu saja dengan iming-iming harga komputer yang miring padahal sebenarnya kualitas komputernya tidak sesuai dengan harga yang ditawarkan. Selain itu Anda juga dapat merakit komputer sendiri sesuai kebutuhan Anda. Menarik bukan?

Processor

Processor merupakan pusat pengendali komputer yang memiliki fungsi melakukan pengolahan data menjadi informasi. Processor berbentuk chip yang sering disebut dengan microprocessor. Satuan kecepatan processor adalah Hertz; yaitu hitungan kecepatan processor dalam mengolah data/informasi. Semakin besar Hertz-nya maka semakin cepat pula proses pengolahan dan pengaksesan data. Merek processor yang sering diperdagangkan adalah Intel, Cyrix, IBM, AMD.

Casing

Sebagian orang sering kali salah dalam menyebut casing sebagai CPU/processor. Casing selain untuk melindungi peralatan komputer juga digunakan untuk menempatkan komponen komputer seperti main board, power supply dan lain-lain. Casing memiliki beberapa bentuk yaitu:

1. Desktop atau horisontal

  • Standard Desktop
  • Slim Desktop (ramping)

2. Tower atau vertikal

  • Midle tower
  • Full tower

Memory

Memory digunakan untuk menyimpan data dan informasi; semakin besar memory berarti semakin banyak pula data dan informasi yang dapat disimpan. Terdapat beberapa jenis memory, yaitu RAM, DRAM, EDO-RAM, FPM Memory, SDRAM, SRAM, Cache Memory, VRAM, ROM dan BIOS.

1. RAM (Random Access Memory): untuk menyimpan data dan program yang dapat ditulis dan dibaca oleh processor serta bersifat sementara.

2. DRAM (Dynamic Read Access Memory): chip RAM yang bekerja secara dinamis dan dapat memulihkan kekurangan muatan listrik pada kapasitor RAM.

3. EDO-RAM (Extended Data Output Read Access Memory): memory yang memiliki kecepatan tinggi dalam membaca dan mentrasfer data.

4. FPM Memory ( Fast Page Mode Memory): memory ini mempunyai kecepatan standard dalam membaca dan mentrasfer data.

5. SDRAM (Syncronous Dynamic Read Access Memory): memory yang dapat mengakses data dan informasi lebih cepat dari EDO-RAM.

6. SRAM (Static Read Access Memory): cara kerjanya statis dan mempunyai kapasitas penyimpanan yang lebih kecil daripada DRAM.

7. Cache Memory: tempat data dan informasi sementara yang sering diakses oleh komputer.

8. VRAM (Video Read Access Memory) adalah chip RAM yang digunakan untuk meningkatkan kinerja VGA Card atau kartu VGA (Vedeo Graphic Adapter)

9. ROM (Read Only Memory) merupakan program yang dimasukkan oleh pembuat komputer yang bersifat permanen.

10. BIOS (Basic Input Output System): sekumpulan program yang disimpan didalam ROM yang digunakan untuk melakukan tugas-tugas dasar (mentrasfer data, mengontrol instruksi peralatan Hard Disk, keyboard dan lain-lain).

Card atau Kartu

Yang dimaksud kartu atau card disini bukan kartu kredit (credit card), apalagi kartu remi dan domino. Disebut sebagai card memang secara fisik bentuknya seperti kartu. Terdapat beberapa jenis card, yaitu:

1. VGA (Video Graphics Adapter) berfungsi untuk menghubungkan mainboard dengan monitor. VGA juga berperan dalam menentukan kualitas gambar pada layar monitor.

2. Soundcard; peralatan ini digunakan untuk mengolah data menjadi suara.

3. LAN card; LAN card kependekan dari Local Area Netword Card yaitu komponen yang menghubungkan komputer satu dengan komputer lainnya dalam sebuah jaringan komputer. Nama lain LAN card adalah NIC (Netword Interface Card).

Hard Disk

Hard Disk berfungsi untuk meyimpan data/informasi dan program dalam komputer, jadi semua file pada komputer akan disimpan di harddis termasuk aplikasi dan sistem operasi ditampung dalam Hard Disk. Data dan informasi yang disimpan bersifat permanen, berbeda dengan RAM yang penyimpanannya bersifat sementara (jika komputer dimatikan semua yang tersimpan dalam RAM akan hilang). Dalam perkembangannya Hard Disk mempunyai kapasitas penyimpanan yang relatif besar, diantara kapasitas Hard Disk yaitu 40 MB, 120 MB, 1.2 GB, 2.1 GB, 40 GB dan saat ini sudah mencapai ratusan GB. Merek Hard Disk yang umum diperdagangan antara lain: Seagate (ingat bukan Sodiq lho J ), Quantum, Conner, Maxtor.

Power Supply

Power Supply mempunyai peran dalam menyalurkan listrik ke peralatan/komponen komputer. Pada Power Supply terdapat 5 atau lebih konektor yang dapat disambungkan keperalatan komputer. Power Supply ada dua jenis yaitu AT dan ATX, AT mempunyai 2 konektor sedangkan ATX satu konektor.

Main Board / Mother Board

Layaknya seperti seorang ibu atau mother, main board adalah komponen komputer yang sangat penting karena di main board inilah komponen-komponen komputer (processor, RAM dan lain-lain) dipasang.

Monitor

Monitor merupakan piranti output utama dalam sistem komputer, peralatan ini berfungsi untuk menampilkan perintah dan hasil pengolahan data secara langsung.

Mouse

Mouse berfungsi untuk menggerakkan kursor atau penunjuk pada layar monitor dan untuk memberikan perntah tertentu dengan cara menekan (klik) tombol pada mouse.

Keyboard

Papan kunci atau keyboard digunakan untuk memasukkan data, bisa juga digunakan untuk memberikan perintah. Sebelum mouse diciptakan, peran keyboard ini sangat penting dalam menginputkan data maupun perintah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: