Cara Sederhana Menghindari Dari KeyLogger

Fungsi keylogger adalah untuk mengetahui segala aktivitas yang sedang di lakukan kita yang sedang ber-internet ria di warnet-warnet yang kebetulan ada orang iseng yang menyusupkan Keylogger di computer yang sedang kita mainkan.

Apa Bahaya dari keylogger?
Tentu saja Keylogger bisa membahayakan privasi kita dan ketentraman kita ber-Internet. Data-data yang kamu ketikkan akan terekam oleh keylogger seperti Username dan Password, Isi Email, Bahkan Website-website yang kita kunjungi. Bisa kamu bayangkan jika Password email kamu yang berisikan Data-data pribadi kamu seperti Nomor Kartu Kredit kamu misalnya.

Keylogger ada 2 jenis yakni hardware keylogger (berbentuk alat kecil) dan software keylogger (program komputer). Hardware keylogger sangat praktis, tinggal cabut colokan keyboard dan pasangkan di antara komputer dan keyboard. Tunggu beberapa waktu, datang dan ambil alat tersebut untuk “panen”. It’s dead simple!

Software keylogger lebih berbahaya bagi umat awam. Keberadaannya tersembunyi dan bisa diprogram untuk lebih jahat dari sekedar merekam ketikan keyboard. Bila di hardware keylogger anda harus secara fisik datang ke komputer, mencabutnya dan melihat isinya di komputer lain, software keylogger cukup cerdas untuk mengirimkan hasil ketikan yang terekam via e-mail atau ke situs web tertentu yang ditentukan si maling. Banyaknya software keylogger yang beredar (dari yang bayar sampai gratis) menambah seram pengalaman berkomputer. Namun anda tidak perlu khawatir berlebihan karena setiap antivirus yang beredar sudah mampu memperingatkan pengguna bila ada keylogger terpasang.

Nah, masalahnya jika anda harus menggunakan komputer umum untuk akses internet (bandara misalnya) karena tugas atau menyelesaikan sesuatu yang sangat penting. Komputer tersebut tidak ada antivirus! Dan kalaupun ada apakah anda mempercayainya? Ini komputer umum lho! Hanya orang sakti saja yang tahu apa yang “menunggu” di dalamnya. Lalu bagaimana cara awam mengamankan diri dari keylogger?

1. Masukkan huruf pertama dari password anda di kolom password. Misalnya passwordnya adalah “cinta”, ketikkan “c” pada kolom password
2. Buka notepad atau apa saja untuk mengetik. Ketikkan karakter acak secara sembarang di situ, misalnya “lkid2@asldiuna.shf
3. Masukkan huruf kedua dari password yaitu “i” di kolom password
4. Pindahkan kursor ke notepad kemudian ketikkan karakter acak secara sembarang di notepad (jangan hapus ketikan acak sebelumnya) misalnya “j;;kmqw89d7we
5. Masukkan huruf ketiga password yaitu “n”
6. Pindah ke notepad kemudian ketikkan karakter acak sembarang misalnya “e78d3e2enh,.asyudas
7. Lanjutkan sampai password terisi dengan benar.

Bila komputer terpasang keylogger, setiap ketikan akan direkam termasuk password. Saat mengetikkan password, huruf pertama anda masukkan “c” kemudian karakter acak sembarang maka semua karakter ketikan akan terekam dengan baik oleh keylogger. Si maling akan mendapatkan karakter panjang tak bermakna yang cukup membingungkan untuk menentukan apa password korbannya.

Lihat string yang didapatkan si maling:
clkid2@asldiuna.shfij;;kmqw89d7wene78d3e2enh,.asyudast‘9weuryqwrbs
d8u8′-pejs,cjhs
a

Anda bisa mempraktekkan cara di atas untuk setiap komputer yang dicurigai berkeylogger atau ingin lebih aman mengakses internet di komputer umum. Cara ini bisa dipakai bukan hanya untuk browser tapi juga e-mail client atau aplikasi lainnya. Bisa digabungkan dengan username sehingga mempersulit si maling untuk mendapatkan combo username & password.

Untitled1 Cara Sederhana Menghindari Dari KeyLogger

 

Please Spread To The World – Share The Love

Twitter Facebook Delicious Google Delicious Stumbleupon Delicious Technorati Reddit GoogleBuzz Buzz Myspace Yahoo Favorites More

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: