Tips SEO : Cara meningkatkan pengunjung blog dengan kerja keras dan doa

Tips SEO. Beragam cara meningkatkan pengunjung blog terkadang dilakukan oleh blogger untuk mengembangkan blog, secara umum dibagi menjadi 2 macam yaitu:
1. cara mudah (menggunakan jasa layanan seo berbayar),
2. cara kerja keras namun terkadang mudah dan sulit  (melakukan optimasi mesin pencari, promosi blog secara manual), pengunjung blog bersumber dari search engine
3. cara promosi blog tanpa teknik seo (pengunjung bukan bersumber dari search engine tetapi bersumber dari situs yang direferensikan)

Dalam postingan ini kita hanya membahas point 2 dan 3, karena terkadang point 3 mendukung point 2. Untuk point 1 cocok buat blogger yang berkantong tebal (memiliki uang banyak untuk membayar jasa layanan seo).

Ada beberapa langkah yang harus diperhatikan dalam melakukan optimasi mesin pencari untuk meningkatkan pengunjung blog (postingan ini bersifat tinjauan umum)

1. Amati blog yang ada diurutan 1 sampai 5 pada search engine dengan keyword tertentu, lihat keyword yang digunakan di judul postingan, content / isi postingan maupun tag(label jika blogspot). Contoh atau tiru karakter blognya. Maksud saya lihat kelebihan blog tersebut dan terapkan di blog anda. (jangan di copy paste postingannya karena akan menyebabkan blog anda bakal susah naik pageranknya karena google menerapakan teknik filtering, usahakan mengetik sendiri, atau mengutip dari beberapa sumber kemudian mengembangkan sendiri sesuai kemampuan)

2. Submit blog ke search engine (google,yahoo,bing), lakukan verifikasi di google webmaster tools , yahoo site explorer , bing webmaster center agar spider search engine lebih mudah menelusuri blog.

3. Membuat meta tag kontent , meta tag description , pilih template yang ringan agar pengunjung tidak jenuh saat membuka blog.

4. Pilih tema yang sedang hangat dan banyak dicari orang untuk dijadikan postingan, usahakan gaya tulisan anda tetap mempunyai kaitan atau menyisipkan keyword yang salaing terkait antara satu postingan dengan postingan yang lain, hal ini dimaksudkan untuk memberitahukan ke spider search engine bahwa postingan tersebut mempunyai relevansi.

5. Buat postingan berupa tutorial , postingan tutorial biasanya pengunjungnya tidak terlalu banyak namun jika membuat banyak tutorial maka berpeluang mendatangkan pengunjung yang banyak (akumulasi trafik), rajin membalas komentar pengunjung jika ada waktu, karena komentar akan mendukung kelengkapan postingan dan juga bisa membantu menyelesaikan problem pengunjung. Postingan blog sebaiknya disesuaikan dengan hobi dan kegemaran anda, sehingga akan terasamengembangkan hobi dan lama kelamaan akan menikmati ngeblog.

6. Postingan yang dibuat sebisa mungkin informatif sertakan gambar, video (link video) jika memungkinkan. Postingan tidak selalu harus postingan yang berkualitas, postingan dasar-pun mempunyai tempat untuk bersaing di search engine, cukup anda tentukan blog anda ditujukan untuk kalangan pemula, menengah , atau advanced (profesional). masing-masing punya segmen pengunjung, tergantung anda membidik segmen pengunjung yang diinginkan.

7. Update postingan secara berkala . Semakin sering terupdate semakin senang pengunjung mendatangi blog, dan semakin senang spider search engine mengunjungi blog dan imbasnya semakin berpeluang meningkatkan  pagerank blog kita . Dan semakin mudah melakukan optimasi postingan dan bersaing di Google SERP atau search engine lainnya.

8. Optimasi keyword untuk blog yang masih muda dengan umur sekitar 3-6 bulan ,  sebaiknya dengan long tail  keyword (kata yang terdiri dari beberapa frase) , jika sudah banyak long tail keyword yang menempati halaman pertama Google SERP mulailah dengan membuat postingan baru yang membidik keyword pendek. persingan memperebutkan posisi 10 besar serp lebih ketat karena setiap blogger mempunyai teknik optimasi yang berbeda-beda seiring dengan perkembangan search engine.

9. Usahakan mendapatkan backlink dari blog lain , baik backlink ke homepage (halaman utama) maupun ke halaman postingan. Proses untuk mendapatkan backlink  dan mendatangkan trafik tanpa melalui search engine ada banyak cara, seperti:
a. bertukar link dengan blog lain,
b. membuat blog dummy (blog sekunder) untuk mensupport blog utama
c. membuat komentar di blog lain,
d. submit ke situs social networking (facebook, friendster, twitter, dll).
e. submit ke social bookmark (lintas berita, infogue, dll)
f. aktif di situs/forum (yahoo answer, milis, kaskus, dll)
g. promosi video di di youtube, dll
h. promosi lewat email
i. Promosi blog secara offline , ke teman2 melaui selebaran,  media massa yang gratis, dll

10. Jika punya modal cukup, sekali-kali adakan kontes seo atau lomba sejenis maka peluang mendapatkan trafik dan backlink semakin besar.

11. Hindari melakukan teknik optimasi blog yang dilarang oleh google agar blog tidak mendapat pinalti google atau search engine lainnya.

12. Ke sebelas tips di atas hanyalah sebuah usaha, hasilnya tentu tergatung pada kemampuan anda melakukan optimasi, keseriusan, ketahanan mental (pantang menyerah) jangan cepat berputus asa, serta berdoa kepada Allah SWT.  , mengenai teknik penerapannya di blogspot bisa dilihat disini tips seo

Ditulis dalam SEO. 1 Comment »

Satu Tanggapan to “Tips SEO : Cara meningkatkan pengunjung blog dengan kerja keras dan doa”

  1. Gusti Says:

    kalo untuk meta tag. untuk meta keywords sudah tidak saya pasang lagi di blog karena katanya google sudah tidak memakai itu…. yang saya pake hanya meta title, description sama robotnya.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: