Billing-29 v.2.6 Free Edition | Billing Warnet Gratis

BILLING-29 v.2.6 Free Edition ada salah satu software billing buat warnet yang bersifat free (ada juga yang pro). BILLING-29 v.2.6 buatan lokal loh sob, atau lebih tepatnya dibuat oleh saudara Jopan Hari Wantono. Sebagai billing yang bersifat free, pasti sobat blogger sangsi dengan features dan kinerjanya?? Kalau begitu di cek aja deh,, ok

 

Ini tampilannya sob :

Fitur BILLING-29 v.2.6 :

  1. Blokir Aplikasi. Fitur ini berfungsi untuk memblokir aplikasi berdasarkan 3 kriteria, yaitu : Caption, Nama Aplikasi, dan Path Aplikasi.
  2. Blokir Akses Internet. Fitur ini berfungsi untuk memblokir koneksi aplikasi yang terhubung ke internet (seperti Firefox, Opera, IE, YM, dll).
  3. Transaksi Penjualan. Fitur ini ini berfungsi untuk mempermudah Anda dalam menghitung biaya transaksi penjualan (seperti makanan, minuman, barang, dan jasa).
  4. Member Prabayar dan Pascabayar. Dengan fitur ini Anda dapat memberikan potongan harga (diskon) kepada konsumen untuk penggunaan satu atau beberapa jenis tarif tertentu. Anda pun dapat mengatur apakah member bersifat prabayar (bayar dimuka) atau pascabayar (bayar belakangan). Proses pembuatan akun member pun sudah bisa dilakukan secara otomatis (auto generate).
  5. Remote Taskmanager, Capture, Turn Off, Restart dan Log Off. Berfungsi melihat aplikasi yang sedang berjalan di PC Client serta dapat menutupnya, melihat tampilan desktop PC Client, mematikan, merestart, dan me-log off PC Client.
  6. Chat Tools, Fitur pengirim pesan teks, baik dari server ke konsumen, konsumen ke server, dan konsumen ke konsumen.
  7. Setting Tarif Simpel, Nama tarif dapat diubah sesuai keinginan, dapat diatur hanya dapat dimulai dari server (oleh operator), dapat digunakan oleh client tertentu, tipe user tertentu, tanggal/hari dan jam tertentu, juga dapat dipassword.
  8. Nota Transaksi, Menu yang berfungsi untuk melakukan pencetakan transaksi berbentuk struk/nota.
  9. Data Operator, Penambahan dan pengaturan hak akses operator, seperti boleh/tidaknya operator melakukan penghapusan laporan transaksi, boleh/tidaknya melakukan pengaksesan menu-menu tertentu, dll.
  10. Rekaman Aktivitas (Log), melakukan perekaman aktivitas-aktivitas yang dilakukan oleh operator yang sedang login, seperti melakukan pengaksesan menu Laporan Transaksi Rental, melakukan penggantian password, dll.
  11. Laporan Transaksi (Report) + Export ke File HTML. Fitur ini berfungsi untuk mengolah data laporan transaksi (transaksi rental maupun penjualan), seperti menampilkan, menghapus, mengexport, dan mengupdate biaya transaksi rental. Anda dapat menampilkan berdasarkan kriteria tertentu. Misal: hanya menampilan transaksi pada tanggal tertentu, operator tertentu, jenis tarif/produk tertentu, client tertentu, dll. Anda pun dapat mengexport data laporan transaksi ke file HTML (file HTML ini dapat dibuka menggunakan browser seperti Mozilla, Internet Explorer, dll, juga dapat dibuka dan diedit/diubah menggunakan Microsoft Office Excel).
  12. Auto Turnoff, Restart atau Log Off. Untuk mengurangi beban pemakaian listrik, sebaiknya matikan PC Anda setelah pemakaian selesai, namun kadang kala konsumen maupun operator sering lupa untuk mematikannya. Untuk membuatnya otomatis turn off/mati sendiri, Anda dapat menggunakan fitur Auto Turn Off ini.
  13. Manual Login (penghitungan waktu dan biaya tanpa client). Artinya meskipun billing client tidak diinstalkan, atau pun tidak terkoneksi, maka billing server masih bisa melakukan pencatatan waktu dan biaya transaksi rental maupun penjualan.
  14. Fitur Pemberitahuan (berupa pesan dan suara). Server dapat diatur untuk menerima/tidak pemberitahuan saat terjadi hal-hal sebagai berikut : client mulai, client stop, client terkoneksi, koneksi client terputus, menerima pesan dari client, dan pemberitahuan transaksi rental yang sedang berjalan (misal : setiap 1 jam, konsumen harus diberi air mineral, maka dengan fitur ini program akan otomatis memberitahu operator yang sedang jaga/login jika ada konsumen yang telah merental selama 1 jam dan kelipatannya).

Download

ID Operator             : administrator
Password                : admin
Password Offline    : admin


FAQ

  • Q : Apakah Billing-29 Gratis?
  • A : Ya, untuk versi 2.0 ke bawah dan versi Free Edition, sedangkan untuk Pro Edition berbayar.
  • Q : Apa perbedaan fitur Free Edition dan Pro Edition?
  • A : Pro Edition : Full akses, sedangkan Free Edition : 1) Tidak dapat mengakses menu Data Operator, akibatnya tidak dapat menambah & mengatur hak akses operator, seperti boleh/tidaknya operator melakukan penghapusan laporan transaksi, boleh/tidaknya operator menutup (exit) billing, dll. Operator yang digunakan hanyalah operator bawaannya, yaitu administrator (yang memiliki hak akses penuh). 2) Rekaman Aktivitas (Log) tidak berfungsi. 3) menu Laporan Transaksi & Nota Transaksi hanya dapat diakses selama 7 hari.
  • Q : Jika membeli (registrasi) Billing-29 Pro Edition, apakah harus bayar ulang untuk mendapatkan setiap update versinya?
  • A : Tidak, lisensi Billing-29 bersifat seumur hidup.
  • Q : Jika billing server diinstal ulang, apakah harus registrasi ulang?
  • A : Tergantung, jika diinstal ulang di hardisk yang berbeda, maka harus registrasi ulang, karena no. serial yang lama tidak akan berlaku. (Biaya registrasi ulang = Rp. 100.000,-).

Setting Ulang Billing-29 Anda dengan Cab File Maker

Setelah menginstal Billing-29, pastinya Anda harus menyeting tarif, data produk, identitas warnet, ip server, dll bukan? Membosankan kah hal tersebut? Jika “Ya”, setting ulang saja Billing-29 Anda dengan Cab File Maker.

Cab File Maker adalah tool/program yang berfungsi untuk membuat suatu file, kami sebut dengan file cabinet (berekstensi .CAB). File cabinet itu sendiri adalah file yang dapat menampung satu atau lebih file lainnya (berupa file kompresi), contoh seperti file .rar dan .zip. Berarti file cabinet bisa dibuka dengan program kompresi seperti winrar/winzip dong? Ya, file cabinet bisa dibuka dan diextract mengunakan program kompresi tersebut, namun untuk mengkompresnya harus menggunakan program khusus (salah satunya Cab File Maker buatan Toni Reinli).

Ok, langsung saja lakukan langkah-langkah berikut :

  1. Instal Billing-29 Server
  2. Jalankan Billing-29 Server
  3. Setting hal-hal yang diperlukan, seperti Identitas Warnet, Tarif, Data Produk, dll.
  4. Matikan/Exit Billing-29 Server
  5. Instal Cab File Maker
  6. Extract file Billing-29 Server.CAB yang ada pada folder file master/installer Billing-29 Server Anda (disarankan untuk diextract ke folder khusus, jangan disatukan dengan file lain)
  7. Copykan (timpa) file Dbs B-29 Server (terletak di folder tempat Anda menginstalkan Billing-29 Server. Secara standar akan terinstal di C:\Program Files\Billing-29 Server) ke folder hasil extract file cabinet pada no. 6.
  8. Jalankan Cab File Maker
  9. Masukkan satu persatu file yang telah diextract pada no. 6 tersebut (gunakan tombol Add)
  10. Tentukan tempat/path file cabinet yang akan dibuat ulang tersebut (gunakan tombol …)
  11. Tentukan nama file cabinetnya di kotak textbox Name of the .cab file (harus Billing-29 Server.CAB)
  12. Tekan tombol Start untuk mulai membuat file cabinet
  13. Terakhir, copykan (timpa) file cabinet yang baru dibuat tersebut ke folder master/installer Billing-29 Server Anda. Dengan begitu, apabila menginstal Billing-29 Server menggunakan file master/installer tersebut, maka Anda tidak perlu melakukan penyetingan lagi.

Sumber: http://billing-29.blogspot.com/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: